APU (auxiliary power unit)



Setelah sebelumnya kita membahas tentang bermacam jenis engine mulai dari piston engine sampai gas turbine engine,sekarang saatnya kita membahas tentang mesin tersembunyi yang tidak diketahui banyak orang karena keberadaannya yang tidak terlihat walaupun sedang hidup. Masih banyak orang-orang yang belum mengetahui mesin yang satu ini mungkin karena tidak terlihat atau faktor apapun. Hahh mesin tersembunyi ??,,Dimana letaknya??

Lubang pada gambar diatas adalah lubang gas buang dari perangkat yang bernama APU. APU ini sebenarnya adalah sebuah mesin turbine yang lebih kecil dari mesin pesawat yang digunakan.




Auxiliary Power Unit (APU) adalah sebuah perangkat pada kendaraan yang menyediakan energi untuk fungsi lain selain propulsi. Mereka biasanya ditemukan pada pesawat besar, serta beberapa kendaraan darat besar.

APU dipakai pada saat semua mesin dalam keadaan mati. Normalnya APU dinyatakan pada saat pesawat disiapkan untuk terbang oleh teknisi ataupun penerbangnya. APU akan dimatikan pada waktu mesin pesawat sudah menyala.

APU akan dinyalakan kembali setelah pesawat mendarat dan sebelum mesin dimatikan agar kelistrikan dan AC pack dipesawat tetap bisa digunakan. Untuk turnarround atau transit, APU biasanya dibiarkan menyala kecuali dibandar udara yang mengharuskan pemakaian external power dan external AC ditempat parkir pesawat.Nahh kalau yang dibawah ini adalah gambaran skematik dari auxiliary power unit APU :


APU juga bisa dipakai sebagai sumber pneumatik (bleed air) untuk AC pack untuk mengatur tekanan udara dan suhu di kabin jika bleed air dari mesin pesawat tidak berfungsi.

Nahh pemakaian APU untuk AC pack pada saat take-off bisa menambah tenaga mesin karena bleed air dari mesin tidak dipakai, sehingga tenaga mesin yang tadinya dibagi untuk bleed air akan menjadi maksimum untuk tenaga dorong saja, sehingga jika dilandasan tertentu engine bisa digunakan secara maksimum.


 Berikut adalah ulasan secara jelas melalui media video dibawah ini


Tunggu ulasan lainnya seputar dunia penerbangan yang akan kita bahas nanti

*Jangan lupa comment nya yaa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Engine Control Unit

Engine Fuel Control Unit